PROGRAM CSR (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY)

Posted: November 30, 2012 in Assignments

CSR Goal Indosat, Bertumbuh, mematuhi ketentuan dan regulasi yang berlaku serta Peduli kepada masyarakat.

Program CSR di tahun 2008 memiliki tema khusus “Indosat Cinta Indonesia”, yang kemudian pada tahun 2009, tema CSR Indosat berkembang menjadi “Satukan Cinta Negeri” sebagai bentuk refleksi komitmen dan tanggungjawab Indosat sebagai perusahaan di Indonesia yang Peduli atas kesejahteraan masyarakat dan lingkungan, serta upayanya untuk senantiasa berkarya, memberikan manfaat, serta mengajak peran serta seluruh stakeholder untuk mewujudkan bangsa Indonesia yang lebih baik, yang merupakan terjemahan  dari keinginan   masyarakat pada umumnya untuk terlibat secara aktif dalam berbagai program sosial Indosat.

 

 

Program Indosat “Satukan Cinta Negeri” diterapkan melalui berbagai aktifitas antara lain adalah: 

 

 

Program yang telah dilakukan akan terus berjalan dan ditingkatkan kualitasnya. Seluruh program CSR yang dilaksanakan oleh Indosat akan terus dievaluasi secara berkala agar betul-betul dapat memberikan manfaat kepada masyarakat dan Bangsa Indonesia sesuai CSR Goal Indosat.

Betapapun besarnya masalah yang dihadapi dunia pendidikan, kesehatan, lingkungan serta permasalahan yang dihadapi masyarakat Indonesia pada umumnya, maka setiap langkah nyata yang dilakukan oleh Indosat merupakan tahapan yang berarti untuk menuju masa depan yang lebih baik.

Berbagi Bersama Indosat

 

 

Merupakan program CSR Indosat dalam mengajak para pelanggan untuk turut menyumbangkan donasi dalam membantu masyarakat yang membutuhkan, baik melalui sms, melalui percakapan telepon serta layanan Indosat lainnya. Program berbagi bersama Indosat ini terwujud dalam berbagai aktivitas antara lain:

  • Bantuan korban Bencana

PT. Indosat selalu memberikan kepedulian kepada masyarakat yang terkena musibah bencana. Sebagai bagian dari upaya tanggap darurat, Perusahaan langsung menurunkan tim SAR untuk memberikan bantuan evakuasi kepada masyarakat. Bantuan berupa makanan dan obat-obatan juga diberikan terutama untuk wilayah-wilayah pengungsian, dimana 2 bahan pokok tersebut merupakan kebutuhan vital yang harus ada secara terus menerus.

  • SMS Cinta Dhuafa

Program SMS Cinta Dhuafa dilaksanakan di bulan Ramadhan, dengan mengetik CDF kirim ke 5000, para pelanggan Indosat dapat berpartisipasi untuk menyisihkan sebagian rezekinya bagi mereka yang membutuhkan di Bulan puasa Ramadhan. Hasil dari SMS tersebut disalurkan kepada yayasan dan lembaga yang membutuhkan bantuan.

  • SMS Donasi Korban Bencana

Dalam program Donasi Korban bencana, pelanggan Indosat dapat memberikan donasi bantuan melalui sms. Dana yang terkumpul akan diberikan kepada para korban yang membutuhkan bantuan untuk kebutuhan mereka pasca bencana.

Pemberian kontribusi langsung kepada masyarakat

  • Program Ramadhan
    Tahun 2010, Indosat memberikan bantuan 3010 Al-qur’an dan hadist yang dibagikan kepada masyarakat sekitar di 8 regional dan 35 kantor cabang Indosat, dengan tujuan untuk meningkatkan pendidikan/pembelajaran Al-Qur’an bagi masyarakat sekitar.
  • Bantuan kepada masyarakat

Bantuan diberikan kepada masyarakat yang berada disekitar BTS, hal ini dilakukan melalui bantuan sosial, bantuan peringatan hari besar nasional, serta aktifitas lainnya. Selain itu, Indosat juga memberikan bantuan kepada masyarakat (bantuan sosial, kesehatan, dll), dan juga dukungan kepada pemerintah daerah di wilayah kerja Indosat (35 cabang) untuk membangun dan turut berkontribusi dalam memperbaiki tatanan hidup masyarakat (ie. penyelenggaraan taman kota, MCK, pemberantasan buta huruf, rumah baca, dll).

BAHASAN DAN ANALISIS

Harus kita akui bahwa banyak manfaat yang didapatkan oleh masyarakat Indonesia melalui ini, karena mencakup seluruh kehidupan bermasyarakat. Contohnya bantuan korban bencana alam, masyarakat jadi tidak perlu lama menunggu bantuan dari pemerintah, dengan program ini masyarakat sedikit banyak sudah terbantu, selain itu program ini juga dapat membantu pemerintah dalam menangani korban bencana alam.

Dengan demikian akan ditemukan titik temu antara makna tindakan CSR yang memberikan dampak positif bagi kehidupan sosial dan sekaligus mendatangkan manfaat ekonomi baik bagi masyarakat, pemerintah maupun perusahaan. Sepanjang keseimbangan ini dijaga dengan saksama, CSR bisa dipastikan diselenggarakan dengan penuh tanggung jawab.

Saat ini Corporate Social Responsibility (CSR) menjadi suatu yang trend di dunia pemasaran. Terlebih Indosat sadar bahwa mereka tidak boleh hanya mementingkan perusahaan saja, namun juga masyarakat (konsumen) dan lingkungan sekitar selain itu memang juga peraturan pemerintah yang mengharuskas suatu perusahaan harus memperhatikan dampak lingkungan dan social dari produk yang diciptakan.

Melaksanakan kegiatan Corporate Social Responsibility ini semata – mata dengan tujuan agar terciptanya kesadaran dan perhatian dari masyarakat terhadap produk itu sendiri. Usaha ini dalam bisnis dapat dijadikan alasan untuk memperkuat posisi dalam pasar. Dalam Etika Bisnis, hal seperti ini tentu diperbolehkan, karena tidak merugikan pihak manapun, kegiatan CSR ini bersifat sosial yang banyak sekali manfaatnya bukan hanya untuk perusahaan saja melainkan masyarakat dan pemerintah.

 

 

Sumber :

http://www.indosat.com/corporate_responsibility

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s