PENGARUH KEANDALAN (REALIBILITY) TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA GREENBOX LAUNDRY KELAPA DUA (BAB V)

Posted: November 10, 2011 in Metode Riset

BAB V

KESIMPULAN DAN SARAN

 

 

5.1.     Kesimpulan

Kelengkapan peralatan merupakan masuk ke dalam faktor bukti fisik(tangibles). Selain itu ketepatan waktu penyelesaian jasa laundry dry and cleaning, hasil penyelesaian laundry dry and cleaning yang bersih, rapih dan harum serta penawaran jasa laundry sesuai kebutuhan adalah faktor keandalan(reability).

Jadi faktor yang paling berpengaruh terhadap kepuasan konsumen adalah bukti fisik(tangibles) dan keandalan(reability). Tetapi faktor lain seperti daya tanggap(responsiveness) juga berpengaruh terhadap kepuasan konsumen.

5.2.     Saran

Namun demikian peneliti mengakui keterbatasan baik dari sisi metodologi maupun implikasi hasil penelitian ini. Keterbatasan sample akan mempengaruhi hasil penelitian, oleh karenanya hasil penelitian ini tidak dapat digeneralisir.

Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan maka saran yang dapat diberikan adalah variabel yang berpengaruh signifikan adalah bukti fisik(tangibles) dan keandalan(reability), dengan demikian penyedia jasa sebaiknya menjaga kelengkapan peralatan dan meningkatkan kemampuan untuk memberikan pelayanan sesuai dengan janji yang ditawarkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s