PENGARUH KEANDALAN (REALIBILITY) TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA GREENBOX LAUNDRY KELAPA DUA (BAB III)

Posted: October 21, 2011 in Metode Riset

BAB III

METODE PENELITIAN

 

 

3.1.     Model Penelitian

Kuesioner untuk setiap variabel dalam penelitian ini merupakan jenis kuesioner tertutup, dengan metode pengukuran skala semantik diferensial rasio 1 sampai 6. Untuk mengukur indikator ekspektasi/kepentingan digunakan skala rasio tersebut yaitu nilai 1 (Sangat Tidak Penting) sampai dengan nilai 6 (Sangat Penting). Untuk mengukur indicator kinerja/kepuasan skala rasio yang digunakan adalah nilai 1 (Sangat Tidak Puas) sampai dengan nilai 6 (Sangat Puas).

 

GAP = Nilai Kepuasan – Nilai Harapan

Lalu dari data tersebut kita mencari nilai Gap dari selisih antara nilai kepuasan dengan harapan.

 

 

3.2.     Data & Variabel

Penelitian ini menggunakan data primer yang diambil dari kuisoner. Data tersebut berupa data kualitatif yaitu data penelitian yang bukan angka, yang sifatnya tidak dapat dihitung berupa informasi atau penjelasan yang didasarkan pada pendekatan teoritis dan penilaian logis, dan data kuantitatif yaitu data yang berbentuk angka yang sifatnya dapat dihitung dan diukur jumlahnya untuk diolah menggunakan metode statistik.

Variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian adalah:

X 1 = reliability

X 2 = responsiveness

X 3 = tangibles

3.3.     Alat Analisis

Analisis Frequency dan Descriptive akan dilakukan untuk menggambarkan gap (kesenjangan) antara kepentingan/ekspektasi dan kinerja/kepuasan pelanggan terhadap kepuasan pelayanan Greenbox Laundry di Kelapa Dua. Untuk mengetahui tingkat kepuasan pelayanan pelanggan, digunakan Gap Analysis. Alat bantu analisis yang digunakan adalah program aplikasi statistic yaitu software SPSS (Statistics for Products and Services Solution).

3.4.     Cara Pengambilan Data & Sumber Data

Cara pengambilan data menggunakan kuisioner yang diberikan kepada responden pengguna jasa Greenbox Laundry di Kelapa Dua untuk diisi setelah diberikan penjelasan singkat mengenai kuisioner. Kemudian kuisioner dikumpulkan, diseleksi, diolah dan dianalisis.

Sumber data berupa data primer yaitu data yang berasal langsung dari objek penelitian, yaitu berupa kuisioner itu sendiri untuk memperoleh informasi tentang kepuasan pelanggan.

3.5.     Tahapan Penelitian

Tahapan dalam penelitian ini yaitu :

  1. Survey dan Pengumpulan data awal.
  2. Pengumpulan Data Lapangan
  3. Pengolahan Data
  4. Analisis dan Implementasi Data
  5. Laporan Penelitian

 

3.6.     Sampel Populasi

Tingkat populasi yang ditetapkan dalam penelitian ini terdiri dari semua pelanggan yang pernah menggunakan jasa Greenbox Laundry di Kelapa Dua. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel random yaitu pengambilan anggota sampel dari populasi yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada pada populasi. Mengingat besarnya populasi, maka dalam penelitian ini peneliti mengambil sampel sebesar 30 orang konsumen pada Greenbox Laundry di Kelapa Dua.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s