REVISI ANALASIS JURNAL

Posted: October 7, 2011 in Metode Riset

JURNAL 3

  • JUDUL

Analisis Variabel Pembentuk Kepuasan Konsumen Pada Ritel   Hipermarket di Depok

Pengarang               : Raudhah Maria Ulfah

Tahun                         :

  • TEMA

Pembentuk Kepuasan Pelanggan

  • LATAR BELAKANG MASALAH

Industri Ritel yang tumbuh pesat dewasa ini merupakan hasil dari meningkatnya beragam hasil produksi yang dikemas dan ditata dalam rupa yang yang lebih menarik, dan juga keperluan konsumen terhadap barang meningkat baik dalam kualitas maupun kuantitas. Peluang inilah yang ditangkap oleh pemodal asing yang demikan agresif membangun jaringan ritel di kota-kota besar di Indonesia , bisa dilihat ritel modern baru di Depok, misalnya Hypermart, Giant, Carrefour dan masih ada beberapa ritel modern yang lain.

  • MASALAH

Variabel-variabel apa saja yang dapat membentuk kepuasan konsumen dalam berbelanja ritel modern?

  • TUJUAN

Untuk mengetahui kepuasan kosumen dengan memperhatikan variabel-variabel pembentuk kepuasan konsumen dalam berbelanja ritel modern

  • Metodologi

–          Data & Sampel

Penelitian ini menggunakan data primer yang bersumber dari responden yang diambil melalui kuesioner yang disebarkan kepada konsumen hipermarket di Depok pada bulan Mei – Agustus 2008. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel random yaitu pengambilan anggota sampel dari populasi yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada pada populasi. Mengingat besarnya populasi, maka dalam penelitian ini peneliti mengambil sampel sebesar 100 orang konsumen.

–          Alat & Analisis

Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji validitas, uji reabilitas, analisis korelasi, dan analisis faktor dengan alat analisis SPSS versi 11.

–          Model Penelitian

–          Variabel Penelitian

Variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian adalah :

X 1 = reliability

X 2 = responsiveness

X 3 = assurance

X 4 = empathy

X5 = tangibles

–          Tahapan Penelitian

Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data primer adalah metode survey dengan cara penyebaran daftar pertanyaan dalam bentuk kuisoner kepada pelanggan ritel Hypermarket di Depok. Kemudian kuisioner dikumpulkan, diseleksi, diolah dan dianalisis. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan program komputer SPSS.

  • Analisis & Hasil

Dari tiap–tiap korelasi menunjukkan bahwa hubungan korelasi antar komponen pembentuk kepuasan konsumen sangat dekat, hal ini dapat ditunjukkan dengan angka sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0.000. Komponen daya tanggap merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan

  • Rekomendasi & Implikasi

Dari lima variabel yang telah diuji dan dianalisis dapat disimpulkan sebagai berikut:

  1. Hubungan antar variabel pembentuk kepuasan konsumen pada ritel hypermarket di Depok adalah signifikan.
  2. Variabel bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati mampu membentuk komponen utama kepuasan konsumen.
  3. Dari lima variabel yang paling dominan membentuk kepuasan konsumen pada ritel hipermarket adalah variabel Daya Tanggap.

Maka penelitian ini bisa menjadi masukan bagi pengusaha ritel modern untuk lebih memahami konsumen dan mengaplikasikannya kedalam strategi pemasaran. Daya Tanggap menunjukkan variabel yang paling mendominasi dalam membentuk kepuasan konsumen berbelanja pada ritel hipermarket di Depok, untuk variabel-variabel yang lain perlu adanya evaluasi dan peningkatan pelayanan yang telah disediakan agar pelayanan kualitas jasa yang disediakan pada ritel hypermarket diterima baik oleh konsumen.

Sumber :                   

http://achuyherry.files.wordpress.com/2010/11/artikel_112027212.pdf

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s