Metodologi (Analasis Jurnal 2)

Posted: September 30, 2011 in Metode Riset

JURNAL 1

Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan: Studi Kasus pada CV. Sarana Media Advertising Surabaya

Metodologi

  • Data & Sampel

Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik non random sampling. Sampel yang digunakan oleh peneliti sebanyak 100 responden.

  • Alat & Analisis

Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data primer adalah daftar pertanyaan yang diserahkan kepada pelanggan Iklan jitu Jawa Pos CV Sarana Media Advertising.

  • Model Penelitian

Analisa regresi linier berganda dilakukan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. Rumus regresi linier berganda menurut Newbold (1995:483), adalah sebagai berikut:

Y =  b0 + b1x1 + b2x2 + b3x3 + b4x4

Y = Variabel terikat (loyalitas pelanggan)

b0 = Koefisien konstanta

b1, b2, b3, b4 = koefisien regresi

  • Variabel Penelitian

Variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian adalah :

X 1 = reliability

X 2 = response to and remedy of problems

X 3 = sales experience

X 4 = convenience of acquisition

  • Tahapan Penelitian

Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data primer adalah metode survey dengan cara penyebaran daftar pertanyaan dalam bentuk kuisoner kepada pelanggan CV Sarana Media Advertising. Kemudian kuisioner dikumpulkan, diseleksi, diolah dan dianalisis. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan program komputer SPSS.

Analisis & Hasil

Hasil analisis faktor-faktor kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan iklan jitu Jawa Pos pada CV Sarana Media Advertising di Surabaya dari 100 kuesioner yang telah disebar pada responden dengan usia antara 18 sampai 71 tahun.

Hasil analisis menunjukkan bahwa koefisien regresi sales experience bertanda positif (0,341), berarti sales experience berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0.263 mengindikasikan bahwa 26,3% variasi yang terdapat pada loyalitas pelanggan dapat dijelaskan oleh variabel-variabel bebas yang digunakan dalam penelitian. Hasil pengujian dengan uji F (2,47) menunjukkan nilai probabilitas signifikansi kurang dari 0,05 yang berarti bahwa variabel-variabel bebas secara simultan berpengaruh signifikan terhadap ROA perusahaan.

Dari hasil analisis dapat dijelaskan hal-hal sebagai berikut: Dari hasil uji t diketahui reliability (X1), response to and remedy of problems (X2), sales experience (X3), dan convenience of acquisition (X4) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y), sedangkan sales experience (X3) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, oleh karena itu perusahaan diharapkan lebih memperhatikan sales experience yang menjelaskan kemampuan karyawan perusahaan untuk memberikan pendapat dan saran serta berpengalaman dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan sehubungan dengan pemasangan iklan jitu di Jawa Pos.

 

Rekomendasi & Implikasi

Berdasar dari hasil penelitian ini hanya sales experience yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Sedang ketiga variabel lainnya reliability, response to and remedy of problems, dan convenience of acquisition terbukti tidak berpengaruh, dengan demikian perusahaan sebaiknya meningkatkan kemampuan karyawan yaitu dengan memberikan training, serta memberi pengarahan kepada karyawan agar dapat melayani pelanggan dengan lebih baik lagi.

 

JURNAL 2

SURVEY KEPUASAN PELANGGAN PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN UNIVERSITAS SRIWIJAYA

Metodologi

  • Data & Sampel

Data pada penelitian ini diambil dari wawancara berdasarkan kuesioner dengan alumni terpilih sebagai sampel. Data sekunder yang digunakan untuk mendukung data primer diperoleh. Sampel yang telah diperoleh sebanyak 26 responden.

  • Alat & Analisis

Analisis Frequency dan Descriptive akan dilakukan untuk menggambarkan gap (kesenjangan) antara kepentingan/ekspektasi dan kinerja/kepuasan pelanggan terhadap kepuasan pelayanan Program Studi Magister Manajemen Universitas Sriwijaya. Untuk mengetahui tingkat kepuasan pelayanan pelanggan, digunakan Gap Analysis dan Diagram Cartesius. Alat bantu analisis yang digunakan adalah program aplikasi statistic yaitu software SPSS (Statistics for Products and Services Solution) for windows ver 13.0.

  • Model Penelitian

  • Variabel Penelitian

Variabel yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah kepentingan/ekspektasi dan kepuasan/kinerja terhadap Program Studi Magister Manajemen Universitas Sriwijaya.

  • Tahapan Penelitian

Tahapan penelitiannya yaitu :

  1. Survey dan Pengumpulan data awal.
  2. Pengumpulan Data Lapangan
  3. Pengolahan Data
  4. Analisis dan Implementasi Data
  5. Laporan Penelitian
  6. Penggandaan dan Distribusi Laporan Penelitian

Analisis & Hasil

Berdasarkan Deskriptif Kepuasan, terlihat bahwa variabel yang memiliki kepuasan tertinggi bagi Mahasiswa adalah “Status Program Studi Unsri”. Selanjutnya variabel yang memiliki kepuasan tertinggi adalah “Kenyamanan Ruang Kuliah”, kemudian variable “Reputasi dan Citra Program Studi MM Unsri di mata masyarakat”. Sedangkan variabel yang kinerjanya dianggap kurang memuaskan oleh Mahasiswa adalah variabel “Penyediaan dan kelengkapan fasilitas komputer”, “Kelengkapan isi buku Pedoman Karya Akhir”, dan variabel “Kelengkapan isi Buku Panduan”

Terlihat bahwa Nilai Gap Total atau Kesenjangan yang terjadi pada penelitian ini sebesar -0,464. Ternyata Kualitas Layanan yang diberikan Program Studi Magister Manajemen masih berada dibawah ekspektasi Mahasiswa sebesar -0,464. Bila dibandingkan dengan Survey Kepuasan Pelanggan 2006, Gap atau Kesenjangan yang terjadi ini sebenarnya semakin berkurang, karena pada Survei sebelumnya Nilai Gap Total adalah sebesar -0,637, ini menunjukkan telah ada peningkatan Kepuasan Mahasiswa dibandingkan dengan Survei tahun sebelumnya.

 

Rekomendasi & Hasil

Implikasi dari hasil Diagram Cartesius ini adalah Program Studi perlu meningkatkan kinerja dan pelayanan pada Dimensi A karena dimensi ini berada dibawah ekspektasi dan harapan Mahasiswa, dan mempertahankan Dimensi B karena Program Studi telah menunjukkan kualitas pelayanan yang memuaskan sesuai dengan kepentingan dan ekspektasi yang diharapkan oleh Mahasiswa. Program Studi perlu mempertimbangkan dimensi mana yang perlu ditingkatkan dan dimensi mana perlu dipertahankan agar dapat memberikan kinerja yang optimal demi meningkatkan efisiensi sumber daya organisasi yang diharapkan.

 

JURNAL 3

ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN PADA PRODUK TEPUNG KETAN MERK ROSE BRAND PT SUNGAI BUDI JAKARTA

Metodologi

  • Data & Sampel

Data yang digunakan adalah data primer dari kuisoner. Metode sampling yang digunakan adalah pemilihan sampel secara acak. Untuk memudahkan perhitungan sampel yang digunakan berjumlah 100 responden.

  • Alat & Analisis

Skala likert diperlukan sebagai suatu skala ordinal.

  • Model Penelitian

  • Variabel Penelitian

Variabelnya yaitu tingkat kepuasan dengan lima kategori.

  • Tahapan Penelitian

Tahap pertama adalah analisis tingkat kepentingan kinerja, berikutnya adalah pengujian hipotesis.

Analisis & Hasil

Ho : Pelanggan tidak merasa puas terhadap produk tepung ketan Rose Brand di PT. Sungai Budi.

Ha : Pelanggan merasa puas terhadap produk tepung ketan Rose Brand di PT. Sungai Budi.

Berdasarkan perhitungan diperoleh nilai Chi Kuadrat hitung sebesar 26,47. Dibandingkan dengan nilai Chi Kuadrat table sebesar 21,026, maka hipotesis awal (Ho) ditolak. Kesimpulan yang bisa ditarik dengan demikian adalah pelanggan merasa puas terhadap produk ketan Rose Brand di PT. Sungai Budi.

Rekomendasi & Hasil

Pada umumnya konsumen merasa puas terhadap kualitas produk tepung ketan yang diproduksi PT. Sungai Budi, namun ada beberapa indikator yang perlu mendapat perhatian pihak manajemen, yaitu wangi/harum, lebih kering, dan dapat digunakan untuk berbagai macam kue. Manajemen perusahaan perlu mempertahankan dan meningkatkan indikator higienis dan kualitas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s