Naturalisasi Indonesia

Posted: February 10, 2011 in Assignments

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rahmat Hidayat

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Indonesia kini makin gencar melakukan naturalisasi. Terakhir, pemerintah menaturalisasi Kim Kurniawan. Kim, sebelumnya tercatat sebagai warga negara Jerman, kemudian dinaturalisasi menjadi warga negara Indonesia.

“Kim Kurniawan itu, kakeknya orang Indonesia, bapaknya orang Indonesia. Cuma kemudian, Kim menjadi warga negara Jerman (kini sudah dinaturalisasi),” kata Menteri Pemuda dan Olahraga, Andi Malaranggeng, kepada Tribunnews.com.

Kebijakan naturalisasi, kata Andi, adalah kebijakan pemerintah yang dilakukan kepada para atlet-atlet berprestasi di luar negeri dan ingin menjadi warga negara Indonesia.

Andi Mallarangeng juga menjelaskan, kementeriannya bekerjasama dengan kementerian luar negeri, memantau para atlet-atlet dari cabang olahraga lain, termasuk para pemain sepakbola, di luar negeri yang dianggap berprestasi.

Kabar lain juga menyebutkan, gelandang Persisam Samarinda yang berasal dari Uruguay, Ronald Fagundez, juga bakal dinaturalisasi. Kebetulan Fagundez yang beristrikan orang Indonesia juga ingin memperkuat Timnas Indonesia.

“Ia (Fagundez) dia mau. Fagundez sangat berharap bisa dinaturalisasi dan bisa memperkuat timnas nantinya,” ujar Gonzales.

Gelandang klub Italia Cagliari, Radja Nainggolan, awalnya juga direncanakan masuk target naturalisasi. Namun pemerintah mengurungkan rencana itu karena pemain keturunan Batak ini sudah berkewarganegaraan Belgia.

“Nainggolan sudah di Belgia. Nampaknya dia tidak mau (jadi warga negara Indonesia). Bahkan, ada beberapa yang lain meminta dwi kewarganegaraan. Kami bilang, wah tidak bisa,” kata Andi Mallarangeng.

Radja lahir di Antwerp, 4 Mei 1988. Ayahnya berdarah batak, sementara ibunya, asli warga Belgia. Radja memiliki saudara kembar perempuan, bernama Riana Nainggolan. Kini, Radja menjadi seorang pemain kunci bagi timnya, Cagliari.

Dalam kesempatan itu, Andi Mallarangeng sempat mengungkapkan, tak mungkin pemerintah akan mengeluarkan kebijakan, warganya punya kewarganegaraan ganda seperti Filipina. Mayoritas pemain Timnas Filipina berkewarganegaraan ganda.

“Indonesia tidak mau dimadu. Maunya, satu kewarganegaraan, Indonesia. Kalau kita, dia harus melepaskan kewarganegaraannya yang lama. Seperti Gonzales, dia melepaskan kewarganegaraannya yang lama, kemudian menjadi warga negara Indonesia,” Andi menegaskan.

Sumber :

http://www.ongisnade.co.id/2011/01/05/btn-panggil-7-pemain-arema-krisis-pemain/

http://www.tribunnews.com/2010/12/22/soal-naturalisasi-indonesia-tak-ingin-dimadu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s