Gunung Dieng

Posted: November 9, 2010 in My Trip

Saya merupakan salah satu orang yang berasal dari daerah Wonosobo. Tetapi saya baru mengunjungi tempat ini sekali, namun hanya tidak semua objek wisata dapat saya kunjungi karena keterbatasan waktu. Mungkin belum banyak orang yang tahu tentang tempat ini, hanya sebagian orang saja.

 

Dieng adalah dataran tinggi di Jawa Tengah, yang masuk wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Letaknya berada di sebelah barat kompleks Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Dieng adalah wilayah vulkanik aktif dan dapat dikatakan merupakan gunung api raksasa. Kawah-kawah kepundan banyak dijumpai di sana. Ketinggian rata-rata adalah sekitar 2.000m di atas permukaan laut. Suhu di Dieng sejuk mendekati dingin, berkisar 15—20 °C di siang hari dan 10 °C di malam hari. Pada musim kemarau (Juli dan Agustus), suhu udara kadang-kadang dapat mencapai 0 °C di pagi hari dan memunculkan embun beku yang oleh penduduk setempat disebut bun upas (“embun racun”) karena menyebabkan kerusakan pada tanaman pertanian. Secara administrasi, Dieng mencakup Desa Dieng KulonKecamatan BaturKabupaten Banjarnegara dan Dieng WetanKecamatan KejajarKabupaten Wonosobo. Hingga tahun 1990-an wilayah ini tidak terjangkau listrik dan merupakan salah satu wilayah paling terpencil di Jawa Tengah.

 

Nama Dieng berasal dari gabungan dua kata bahasa Sunda Kuna: “di” yang berarti “tempat” atau “gunung” dan “Hyang” yang bermakna (Dewa). Dengan demikian, Dieng berarti daerah pegunungan tempat para dewa dan dewi bersemayam. Nama Dieng berasal dari bahasa Sunda karena diperkirakan pada masa pra-Medang sekitar tahun 600 Masehi daerah itu berada dalam pengaruh politikKerajaan Galuh.

 

Beberapa peninggalan budaya dan alam telah dijadikan sebagai obyek wisata dan dikelola bersama oleh dua kabupaten, yaitu Banjarnegara dan Wonosobo. Berikut beberapa obyek wisata di Dieng.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Dieng

 

Berikut beberapa foto yang saya ambil saat itu.

 

 

 

Salah satu telaga yang menjadi objek wisata kawasan Dieng

 

 

 

 

Salah satu kawah yang berada di kawasan Gunung Dieng.

 

Kawasan Dieng menjadi objek wisata masyarakat Jawa Tengah dan sekitarnya. Tempat ini ramai dikunjungi saat liburan tiba dan saat upacara adat ‘Rambut Gembel’, kecuali hari-hari biasa tempat ini sangat sepi pengunjung.

Saya sangat ingin kembali ketempat ini karena keindahan alam dan sejuknya udara disana.

Comments
  1. duiyantoe says:

    salam kenal….search gambar nemu blog ini. tadi ke dieng, indah banget yah…

    • maixelsh says:

      salam kenal juga…🙂
      emang indah banget disana. semoga keindahan disana tetap terjaga yaaaa….
      saya terakhir kesana saat natal tahun 2011 untuk urusan pekerjaan. sayang banget jadi cuma sebentar deh disana. padahal pengen lama-lama disana😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s