Glasses or Softlens??

Posted: November 9, 2010 in Healthy

 

 

Untuk anda yang mempunyai masalah dengan mata seperti mata minus, mata plus, mata silinder, rabun senja, ataupun lainnya pasti sangat tidak nyaman dengan penglihatan yang sangat terbatas sehingga anda harus menggunakan alat bantu penglihatan seperti kacamata atau kontak lensa.

 

Sebaiknya kalau mata mengalami gangguan tersebut lebih baik menggunakan kacamata terlebih dahulu untuk membantu penglihatan. Jangan langsung menggunakan kontak lensa karena itu bisa membahayakan mata, apalagi untuk orang yang belum terbiasa. Kacamata mempunyai 2 jenis yaitu kacamata yang terbuat dari gelas dan yang terbuat dari plastik. Kacanata yang terbuat dari gelas memang agak berat dan mudah pecah apabila terjatuh, tetapi kacamata jenisa ini tidak mudah tergores. Berbeda dengan kacamata yang terbuat dari plastik, kacamata ini lebih terasa ringan saat di gunakan, tidak mudah pecah saat terjatuh dan biasanya mempunyai daya penyerapan cahaya ultraviolet lebih baik, namun kacamata mudah sekali tergores. Kini sudah banyak berbagai macam model kacamata, jadi para pengguna kacamata tetap dapat merasa tampil trendy.

 

Terkadang orang merasa lelah dan bosan karena harus menggunakan kacamata setiap hari. Bahkan ada beberapa aktivitas yang dapat terganggu apabila tetap menggunakan kacamata. Kacamata dapat diganti dengan menggunakan kontak lensa. Kontak lensa mempunyai berbagai macam warna dan design agar mata lebih terlihat indah. Kontak lensa sangat nyaman digunakan sehari-hari. Tetapi saat menggunakan kontak lensa harus berhati-hati sekali, tidak boleh mengucek mata sembarangan, keadaan mata harus tetap lembab, dan tidak boleh tetap menggunakan kontak lensa saat tertidur. Selain itu kesterilannya juga harus tetap dijaga agar mata tidak iritasi saat menggunakannya. Pilihlah kontak lensa yang nyaman untuk digunakan. Apa bila mata sudah merasa tidak nyaman segera gunakan obat tetes mata atau segera copot kontak lensa sebelum mata mengalami iritasi karena apabila di biarkan akan dapat merusak mata.

 

Apabila tidak mau menggunakan kacamata atau kontak lensa anda dapat menjalani pengobatan atau operasi mata sesuai kondisi mata.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s