Banyak Berbicara

Posted: November 4, 2010 in The Diarys

Tuhan menciptakan manusia dengan berbagai macam karakter. Ada yang baik, ada juga yang jahat. Ada yang suka bersosialisai, ada juga yang penyendiri. Ada yang rajin, ada yang pemalas. Ada yang periang, ada juga yang pendiam. Ada yang suka berbicara, tapi ada juga yang hanya sedikit berbicara.

 

 

Tapi apa banyak bicara itu selalu bagus? Menurut saya berbicara yang bagus itu adalah yang berkualitas dan tidak menggangggu atau mengusik orang lain. Padahal banyak bicara itu tidak selalu menunjukan bahwa orang itu pintar atau berwawasan luas, tergantung dari kualitas isi apa yang diperbincangkan. Terkadang banyak bicara justru menunjukan kesombongan dengan apa yang ada di otak mereka.

 

Misal di sebuah lingkungan atau forum. Didalam tempat itu pasti ada berbagai macam orang dengan karakter yang berbeda. Pada suatu saat membahas masalah tertentu pasti orang yang suka berbicara akan lebih menonjol dari pada yang lainnya. Tapi ada baiknya saat mengeluarkan pendapat harus pada saat yang tepat, yang berkualitas, dan tidak menyinggung perasaan orang lain. Dan yang terpenting beri kesempatan orang lain untuk mengeluarkan pendapatnya juga. Orang yang tidak suka berbicara banyak bukan berarti benar-benar tidak mau berbicara, tetapi mereka mempunyai pemikiran yang segala sesuatunya tidak harus di keluarkan.

 

Orang itu akan terlihat baik jika tidak banyak bicara tetapi mempunyai otak yang berkualitas. Akan terlihat lebih baik lagi banyak bicara dengan di seimbangi otak yang kompeten dan mengeluarkan pendapat di saat yang tepat. Dan ingat jangan berbicara sesuatu untuk yang tidak kita ketahui atau hanya sekedar omong kosong atau berbicara untuk menunjukan kalau kita itu lebih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s